Rabu, 05 Oktober 2011

WANITA CERDAS

DICARI WANITA CERDAS




Ada seorang Ikhwan yang mencantumkan CERDAS sebagai kriteria calon pendampingnya.Dan begitu banyaknya wanita yang ingin disebut sebagai wanita cerdas. Seakan akan kalau sudah menjadi wanita cerdas ..dunia akan terasa indah..dan juga bagi ikhwan..mendapatkan akhwat cerdas ..dunia akan berubah rasa..rasa coklat..stroberri..ato rasa Melon....he..he..Pendeknya menjadi wanita cerdas benar-benar didambakan..bahkan permintaan semakin banyak.

Tetapi cerdas yang bagaimana sech ?...pasti itu rentetan pertanyaan yang kemudian akan menyusul.dan kemudian benak kita akan mengembara berusaha menemukan jawabannya.Kemana kita akan menemukan sosoknya ?

Media massa kita sering sekali mencekoki dengan profil wanita cerdas yang di bentuk oleh mereka.Bisa berupa wanita yang tangguh dalam orasi dan pembicara seminar yang OK punya !..bisa juga ia tampil begithu elegant dengan setelan blazernya.Bisa juga sebagai ilmuwan atau sebagai pengusaha wanita yang tangung di belantara bisnis yang di dominasi kaum laki-laki.


Begitu juga dunia sastra atau dunia penulisan. Rekaan seorang penulis….wanita cerdas tampil dengan berbagai sisinya.Mira W,Maria A.Sarjono,Zarra Zettira ZR,Ayu Utami..atau beberapa novel Marga T…karir sukses…akademis sukses dan ekonomi baik juga..konflik yang dibangun banyak berkisar masalah percintaan. Dan justru karena intrik percintaan inilah..wanita-wanita yang digambarkan cerdas….berbalik menjadi begitu bodohnya ..setidaknya begithu menurutku.

Coba kita cermati, wanita cerdas (diva) yang dibangun oleh Dewi Lestari (Dee) dalam Supernovanya..ia begitu mandiri cerdas dan model berbakat.tapi dia tertelikung oleh masalah kebebasan pikirannya..lebih memilih menjadi pelacur kelas atas..dengan bayaran lima ribu dollar sekali pakai..dan dia amat bangga melakukannya.Begithu juga tokoh Rana..seorang reporter yang sukses..tetapi dijebak juga dengan masalah percintaan..lebih memilih selingkuh dengan Ferre daripada membangun kembali pernikahannya yang menurutnya sudah gersang !

Begithu juga dengan kontradiktif wanita cerdas yang dibangun oleh Ayu Utami dalam Saman dan sekuelnya Larung (yang konon mendapatkan penghargaan).Laila sang fotografer,Sakuntala sang penari,Yasmin yang aktifis LBH dan Cok yang pengusaha.Semua digambarkan sebagai wanita-wanita yang cerdas dan mandiri ..tetapi cinta menghempaskan ke tempat yang malah menghancurkan martabat dan kemuliaan kaumnya.Bagaimana tidak..konflik yang terbentuk penuh dengan sex bebas.. dunia lesbi dan tentu saja pelacuran !

Sedikit ataupun sebanyak penokohan yang di ciptakan oleh seorang penulis akan mewakili pemikiran dan faham yang dianutnya.Dan yang lebih dalam lagi..tentu saja akan mencerminkan pemahaman agama mereka. Dilembaran siroh sahabiyah..kita temukan nama Ummu Sulaim. Beliau menerima pinangan Abu Thalhah dengan keislaman sang calon suami..bukan dengan harta dunia tetapi dengan keimanan…Juga ketika ia memilih menunda berita kematian anaknya dan melayani suaminya serta menyampaikan pada saat yang tepat dan dengan dialog yang hebat.

Dan pada saat ia di takdirkan menjadi Ummul mukminin ia pernah menjadi penasehat Rosullulloh ketika para Sahabat enggan melakukan perintah Rosullulloh untuk bertahalul dan berkurban.Dan sejarah mencatat saran yang diberikan oleh Ummu Sulaim adalah solusi yang jitu keluar dari permasalahan yang ada. Dan kupikir..ialah sosok wanita cerdas yang sedang aku cari !

Aisyah..sang khumaira, ia adalah ahli hadist..bahkan beliaulah tempat bertanya para sahabat dan sahabiyah dizamannya.Meriwayatkan banyak hadist dan otaknya di kenal cerdas. Begitu juga dengan ibunda khodijah.Walaupun seorang wanita tetapi dikenal sebagai saudagar yang sukses bahkan Nabi Muhammad SAW pernah menjadi pembawa barang dagangannya.

Wanita-wanita anshar yang begitu mendengar perintah untuk menutup aurot..kain apapun yang terletak didekatnya, mereka sambar untuk menutup penuh aurot.Ayat perintah menutup aurot tidak membutuhkan penasiran lain..bahwa yang dimaksud dengan jilbab adalah kain yang menutupi kepala dan diulur kedada sehingga menutupinya. Bukan sekedar kain persegi empat yang digunakan untuk menutup rambut ataupun menjerat lehernya.Mereka menutup aurot karena ketaatannya kepada Robbnya..bukan alasan mode sekalipun !..dan inilah wanita cerdas itu !

Seorang istri yang berpesan kepada suaminya yang hendak berangkat mencari nafkah, supaya ia mencarikan untuknya nafkah yang halal karena dirinya dan anak-anaknya lebih kuat menahan laparnya dunia daripada panasnya neraka !..Sebuah pesan yang pastilah akan semakin menguatkan cinta dan pengorbanan sang suami. Dan inilah wanita cerdas itu !

Kisah seorang istri yang diperintahkan untuk tetap dirumahnya walaupun apapun yang terjadi. Ia memilih tidak menjenguk orangtuanya karena pesan suaminya. Hatta sampai meninggalnya. Subhannallah..ketaatan suami diletakkan diatas ketaatan orang tuanya. Dan Rosullulloh mengabarkan orangtua yang mempunyai anak perempuan seperti ini..ia layak mendapatkan surgaNya.subhannallah ..sungguh wanita yang cerdas dalam menentukan pilihan.

Wanita cerdas ?..Ia tampak di medan-medan da’wah yang keras..memompa semangat jihad putra-putranya dan suami-suami nya..Bunda Khonsa..Ummu Bara’..Ibunda Fatti..Asma binti Abu Bakar..dan sederet panjang nama mereka terukir indah..karena kecerdasan motivasi meraih SurgaNya.

Mereka berjuang di lembaga-lembaga da’wah yang ada..membina diri, keluarga dan ummatnya…Menyisihkan waktu yang di amanahkan Alloh SWT kepadanya untuk kepentingan da’wah...Jalan da’wah telah dijadikannya pilihan..

Wanita cerdas ?..kuharap itu adalah engkau ya saudariku..yang bersungguh-sunggu meneladani mereka-mereka yang berkilauan di sepanjang jalan da’wah dan sepanjang ingatan sejarah.
oleh: Atik

 
Image and video hosting by TinyPic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Do Not Copy

Protected by Copyscape Original Content Validator

baby


cute